081293537616 | marketing@griyakita.com

Single Blog Title

This is a single blog caption

Bersihkan Stainless Steel dengan Tips Ini!

 

Stainless steel kini sudah jamak digunakan untuk perabotan rumah tangga. Bahannya yang antikarat, membuatnya menjadi pilihan. Kromium yang terdapat di dalamnya akan membentuk lapisan pelindung saat bereaksi terhadap oksigen di udara. Lapisan inilah yang mencegah karat pada badan atau permukaan stainless steel.

Namun, bukan berarti bahan dari besi baja tersebut sepenuhnya bebas dari masalah. Noda kerak air merupakan masalah yang cukup sering terjadi pada material ini, terutama pada peralatan kamar mandi, seperti shower set atau kran. Hal ini karena bahan stainless steel tersebut selalu terkena air. Kondisi lembab dan basah inilah yang bila didiamkan dapat menimbulkan warna kusam. Lama kelamaan, dapat berubah menjadi bintik-bintik hingga menjadi karat.

Anda dapat mencegah hal ini terjadi dengan perawatan rutin, seperti rajin membersihkan dan mengeringkan bagian peralatan yang menggunakan stainless steel. Namun, jika noda kerak atau bercak sudah mulai timbul, mulailah menghilangkannya dengan cara yang sederhana. Anda juga tak memerlukan bahan atau material yang sulit didapatkan.

hilangkan noda kerak air pada stainless steel

Jika hanya noda atau kotoran biasa, stainless steel dapat dibersihkan dengan mengelap bagian yang kotor menggunakan air hangat. Lalu keringkan dengan kain berdaya serap tinggi, seperti microfiber. Bila noda tetap tak hilang, tambahkan soft detergen atau sabun mandi. Campur bahan tersebut dengan air hangat lalu bersihkan noda dengan spons. Gosok searah serat stainless steel agar tidak merusak permukaan perabotan. Setelah itu, kembali keringkan dengan kain microfiber.

Anda juga bisa menggunakan pasta gigi untuk noda yang sudah berubah menjadi kerak air. Cukup oleskan pasta gigi lalu angkat kotoran dengan spons. Selain pasta gigi, cuka juga bisa digunakan untuk membersihkan kerak noda air yang membandel. Tuangkan cuka pada air hangat lalu basahi spons dengan kedua larutan tersebut dan gosok permukaan yang memiliki kerak.

Untuk meringankan tugas, sebaiknya segera bersihkan noda saat mulai bermunculan. Dengan rajin membersihkan, stainless steel pada perabotan pun dapat lebih terjaga. Namun, jika sebelumnya Anda tak terlalu memperhatikan, mulailah untuk memeriksa dan bila ada noda atau kerak air, bersihkan agar tidak mengurangi keindahan penampilan stainless steel.

Foto: Ahkamul Hakim

The post Bersihkan Stainless Steel dengan Tips Ini! appeared first on Majalah Griya Asri.